Rabu, 31 Januari 2018

[ULASAN] VA-11 Hall-A oleh Sukeban Games


VA-11 Hall-A atau yang biasanya langsung dibaca sebagai Vallhalla merupakan salah satu gim novel bergambar berslogan Cyberpunk Bartender Action buatan Sukeban Games, yang dirilis pada tanggal 21 Juni 2016 dengan harga $14.99 atau Rp. 95.999 dalam Steam wilayah Indonesia. Dan untuk harga segitu... aku berani jamin, kalau gim ini sangat worth to buy. (Beli sekarang di Steam!)



Eh, tapi jangan langsung beli dulu! Simak dulu impresiku di bawah.

VA-11 Hall-A ini, ndak seperti gim novel bergambar yang hanya memberikan cerita saja. VA-11 Hall-A juga memiliki gim kecil-kecilan yaitu kamu akan bekerja sebagai bartender yang bernama Jill! (dan temannya yang bernama Gill. sadboi yang misterius)

Jadi kalian bakalan meramu jamuan ber-alkohol bagi para pelanggan bar VA-11 Hall-A yang tercinta ini~ gimnya sangat gampang sekali kok, bahkan tidak ada batasan waktu dalam meramu minuman yang ada. dan juga ya, di sini juga ada daftar menu yang berisi komposisi dari minuman yang dijual. Jadi, bagi kalian yang mencari tantangan, kayaknya gim ini sama sekali bukan buatmu deh~ Mending kamu main Cuphead sana~~ (tapi kalau kamu salah meramu, nanti bisa dapat pinalti gaji loh, jadi jangan sampai salah :3)

Kalau masalah gambar, jujur saja, gaya gambarnya sangat aku suka. Entahlah, aku suka banget gaya gambar seperti cyberpunk begini. Dengan perpaduan warna mayoritas ungu dan merah muda, hhhhh
Untuk musiknya, juga sangat aku suka, paduan trek synth-nya memberikan atmosfir tenang dan beberapa memberikan semangat. Musiknya dapat membuatku ingin memainkannya terus menerus (walaupun sebelum membuka gim ini, selalu terkena procastination :c). Beberapa judul seperti Welcome to VA-11 Hall-A, Every day is Night, dan Safe Haven merupakan favoritku. (Tapi semuanya enak buat didengarkan kok, mantap banget lah!) Dengarkan beberapa musiknya di situs BandCamp mereka!

Nah sekarang, kita menuju bagian cerita. Namun karena aku belum tamat memainkannya, dan kalau dibahas jauh-jauh bakal jadi spoiler, mungkin aku ga bakal bahas banyak (Nanti aku edit kok kalau sudah selesai main, tenang saja).
Jadi intinya, penulisannya bisa dibilang sangat bagus! Walau untuk konsepnya, kamu bekerja sebagai bartender yang mendengar keluhan-keluhan orang dalam kota distopia di masa depan bernama Glitch City, kamu tetap bisa merasakan hidupnya kota tersebut dari omongan-omongan para pelanggan kamu (and for some reason, your customer aren't your daily usual customer, fortunately). Jadi kamu pasti bakalan tertarik untuk mendengarkan keluh kesah mereka. Pelangganmu juga tak hanya manusia, namun juga Lilim! Robot humanoid yang mirip sekali dengan manusia, baik kelakuan maupun bentuk fisiknya.
Kesimpulanku, gim ini pantas untuk dibeli, sementara ini akan aku beri nilai 9 dari 10. Aku suka banget, sampai-sampai profil Steam-ku, aku dekor dengan dekorasi VA-11 Hall-A hahaha~

Oh, iya! Pengembang dari gim ini, sangat akrab dengan para penggemarnya loh! Baca saja blog mereka di: http://blog.waifubartending.com
Dan bagi kamu yang suka mesum-mesum, sang pengembang juga mengumpulkan beberapa postingan lewd yang mereka sukai~ Cek aja di sini.

Sementara itu saja dahulu, terima kasih sudah menyertakan waktu kalian untuk membaca ulasan singkat ini~

(maafkan kalau kepiawaian saya dalam mengulas masih mengulas, aku kudu banyak baca ulasan orang-orang nih biar bisa makin bagus, ugh...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random